5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Google Chrome

google_chrome-1-4

Hadirnya internet pastinya akan mempermudah Anda dalam pencarian informasi. Anda bisa menemukan segala hal yang ingin diketahui melalui internet dengan pemanfaatan sistem mesin pencari. Salah satu jenis mesin pencari jaringan internet yang bisa untuk Anda gunakan adalah Google Chrome.

Bagi pengguna jasa Google Chrome pasti mengalami saat di mana browser bekerja lambat. Hal tersebut memang sering terjadi karena berbagai hal.  Lambatnya kerja browsing dari Google Chrome akan memakan banyak memori sehingga terkadang Anda mengalami crash atau hang pada komputer. Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk mempercepat fungsi Google Chrome sehingga cepat dalam melakukan browsing pada internet.

5 Cara Mempercepat Browsing Google Chrome

Beberapa cara akan bisa Anda terapkan untuk menjaga browsing tetap cepat di saat menggunakan Google Chrome. Berikut adalah 5 cara yang bisa Anda terapkan:

  • Pasang Google Chrome Versi Terbaru

Cara pertama adalah dengan memasang Google Chrome versi terbaru. Memasang versi terbaru pastilah akan membuat kinerja browser menjadi maksimal. Setiap perubahan yang dihadirkan pasti akan menutup kesalahan atau kekurangan dari versi sebelumnya sehingga Anda bisa mendapatkan fungsi paling optimal dari Google Chrome.

  • Mematikan iklan pada Google Chrome

Cara kedua agar mempercepat browsing internet menggunakan Google Chrome adalah mematikan iklan yang muncul di dalamnya. Terkadang iklan memang akan Anda dapatkan dalam penggunaan Google Chrome. Munculnya iklan ini akan mengurangi kinerja browsing karena sistem akan memuat iklan di saat pengoperasian Google Chrome.

Cara untuk mematikan iklan pada layanan Google Chrome adalah dengan memasang add-block. Unduh aplikasi add-block dan pasang pada extension Google Chrome. Dengan terpasangnya add-block ini pasti iklan-iklan yang mengganggu dan sering menghambat kinerja browsing Google Chrome akan hilang.

  • Menghapus cache history

Cache adalah sekumpulan data yang tersimpan sebagai riwayat ketika kita melakukan selancar dunia maya. Tersimpannya cache menjadikan Anda bisa lebih cepat ketika ingin mengunjungi lagi situs sebelumnya sudah dikunjungi. Data situs yang sudah tersimpan pada hard drive membuat Google Chrome hanya cukup membacanya saja.

Dilihat dari fungsinya memang terlihat penting untuk menyimpan cache situs pada Google Chrome, namun ini juga menjadi bumerang ketikan Anda memiliki banyak cache yang tidak berguna. Cache yang banyak jelas akan membebani hard drive sehingga proses browsing menjadi terganggu. Akan lebih baik jika selalu menghapus cache Google Chrome secara berkala demi menjaga browsing tetap lancar dilakukan.

  • Menghindari penggunaan beberapa tab sekaligus

Membuka beberapa tab pada Google Chrome untuk mencari berbagai informasi sekaligus memang bisa dilakukan. Namun hadirnya beberapa tab sekaligus dapat membuat fungsi browser dari Google Chrome sedikit terganggu. Data browser akan terbagi sesuai dengan tab yang Anda buka sehingga pencarian menjadi lambat. Jika koneksi data internet lancar dan cepat memang bisa saja multi tab dilakukan, namun jika menginginkan kecepatan browser Anda lebih baik menghindarinya.

  • Menonaktifkan beberapa addon yang tidak diperlukan pada Google Chrome

Exstensi adalah salah satu fitur pada Google Chrome yang memiliki fungsi untuk meningkatkan performa dan memodifikasi Google Chrome. Hadirnya exstensi memang akan memberikan dampak positif pada Google Chrome, namun pemasangan exstensi juga memiliki akibat berkurangnya performa Google Chrome ketika beroperasi. Banyaknya exstensi menjadikan Google Chrome harus memproses banyak data di saat melakukan browsing. Jadi di saat Anda membutuhkan kecepatan browsing, maka akan lebih baik untuk menonaktifkan exstensi yang dirasa kurang diperlukan.